Nasi Tim Ayam Praktis

Hari ini niat banget masak nasi tim ayam, selain request dari bapak Abink juga karena Alia susah maem lagi.. Siapa tau aja Alia mau maem pake nasi tim ayam. Ditengah-tengah masak, Ibu baru nyadar kalo kecapnya tinggal dikit.. Akhirnya lari bentar ke supermarket, nyari kecap manis.. Ada sih, “Ketjap Manis Indonesia” tapi kayaknya impor dari Belanda.. Waktu Ibu liat wujudnya kok encer, dan mahallll… Sebotol 200 ml ketjap manis harganya sama dengan 600 ml kecap ABC. Takut ketjap manisnya ngga sesuai harapan, akhirnya Ibu ngga jadi beli. Mending tunggu weekend aja belanja kecap abc ke toko Asia. Jadi masakan kali ini dibuat dengan memaksimalkan sisa-sisa kecap yang ada.. Tapi tetep ueenaakk tenan, makanya Ibu mo share resepnya disini..

Bahan:

Beras 2 gelas aqua

Bawang putih 4 siung, haluskan, goreng dg 1 sdm mentega

Saos tiram 1 sdm

Kecap manis 2 sdm

Minyak wijen 1 sdm

Gula 1/2 sdt

Garam 1 sdt

Daun salam 2 lbr

berasnya dimasak dengan rice cooker dengan menambahkan semua bumbu.. Praktis, tinggal tunggu ‘click’.. Sajikan dengan ayam jamur..

AYAM JAMUR

Bahan:

Ayam fillet 300 gr

Jamur kancing 7 bh, potong-potong (disini jamur nya gede-gedee)

Daun bawang 2 batang, potong serong

Bumbu:

Bawang putih 4 siung, haluskan

bawang merah 4 siung, haluskan

Kecap manis 4 sdm

Saos tiram 1 sdm

Garam 1 sdt

Gula 1/2 sdt

Minyak wijen 1 sdt

Caranya..

Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan ayam, aduk-aduk sampai ayam kaku. Tambahkan air dan semua bumbu kecuali minyak wijen. Masak hingga ayam matang. Sesaat sebelum diangkat tambahkan minyak wijen dan daun bawang..

Serius, enak.. Apalagi kita makannya pake sambel lili dan irisan tomatnya itu bikin segerr.. uhh, maunya nambah-nambah terusss…  kalo ngga percaya tanya bapak Abink deh! kalo blom percaya juga, coba dibikin sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s