Alia goes to PLUNKET

” you are a beautiful wee girl, adjusting very well to NZ, sarting to talk in English and Indonesian. Breastfeeding very well and trying different food. 8 teeth- clean with a soft brush and smear of toothpaste twice a day. Continue to encourage language development with books and music. Fantastic job!”

Itu tadi cuplikan komentar dari nurse di Plunket.. Sore ini ALia diantar Ibu & Bapak pergi ke Plunket.  Kalo di Indonesia, Plunket = Posyandu. Alia & Ibu sudah 2 kali masuk ke Plunket room, pertama waktu bikin appointment sebulan yang lalu dan yang kedua tadi sore.. Sampai di Plunket, kita disambut ramaaaah banget sama nurse-nya. Ngobrol-ngobrol soal perkembangan Alia, gimana Alia belajar ngomong, belajar jalan, belajar koordinasi, perawatan gigi, dan diskusi-diskusi ringan tentang penyesuaian diri Alia di NZ. Selesai ngobrol-ngobrol, Alia ditimbang berat badannya.. Tapi ALia ngga mau pake timbangan bayi, dia nagiiis kejer… Akhirnya Alia ibu gendong dan kita timbang berdua, setelah itu baru Ibu timbang sendiri. Ibu seneng-seneng aja diminta nemenin Alia timbang badan, kan Ibu jadi bisa ikutan nimbang.. Ternyata hasilnya, berat badan Alia 9.7 kg dan berat badan Ibu **.8 kg (horeeee turun 3 kg) hahahah…😀 Setelah timbang badan, Alia diukur tingginya 73 cm. Masih termasuk normal untuk gadis kecil umur 14 bulan :)Sebelum pulang, Alia dikasih pasta gigi, bath mat, dan hadiah mainan bebek, sebagai ucapan selamat datang di NZ.

Di perjalanan pulang, saya jadi berpikir betapa beruntungnya anak-anak di sini punya Plunket yang benar-benar didedikasikan untuk anak-anak dan terorganisir dengan sangat baik. Ini terbukti dari berbagai layanan yang ditawarkan oleh Plunket untuk kesehatan dan pertumbuhan anak-anak.. Apa aja sih, yang ditawarkan Plunket?

Plunket line 24 hours. Kapanpun orang tua mau konsultasi dg nurse, tinggal angkat telpon, nurse siap menjawab 24 jam, gratiss..

Plunket well child. Ini program plunket yang Alia ikuti tadi sore.Anak-anak disini datang ke Plunket waktu umur 1 bln, 2, bln, 3 bln, 5 bln, 9 bln, 15 bln, 2 thn dan 3 thn. Walaupun nggak harus dateng tiap bulan, setiap keluarga yg dateng ke Plunket disini benar-benar disediakan waktu untuk ngobrol dan diskusi mengenai kesehatan dan perkembangan anak. Kalo di Indonesia dateng ke Posyandu tiap bulan tapi cuma timbang, dapet konsumsi, pulang, karena ngga ada nurse atau dokter yang dateng untuk melayani diskusi dengan ibu-ibu😦

Breastfeeding Support Group. Grup ibu-ibu menyusui (bapak juga boleh deh kayaknya), yang berkumpul sebulan sekali mengadakan diskusi dengan konsultan laktasi. DI Indonesia juga sudah mulai digalakkan pemberian ASI untuk bayi, mulai banyak konsultan laktasi juga, tapi sepertinya belum merata.. Buktinya, masih banyak ibu-ibu yang nggak tau (atau nggak mau tau) pentingnya ASI untuk bayi.. Banyak yang nyerah dan ngasih baby-nya susu formula karena di 2-3 hari pertama ASI-nya cuma keluar sedikit, dan ngga ada yang men-support untuk terus berusaha kasih ASI..

Plunket Family Centre. Support dalam hal parenting, menyusui, dan perkembangan anak.

Parenting Support and Education. Program pengetahuan tentang pertumbuhan bayi dan anak-anak, positive parenting, nutrisi, dsb

Dental Nurse Service. Layanan kesehatan gigi gratis untuk anak-anak.

Setelah tau banyak banget layanan yang disediakan Plunket, sepertinya Bapak, Ibu dan Alia harus memanfaatan dengan sebaik-baiknya nih… Bukan hanya untuk kepentingan kesehatan dan perkembangan Alia, tapi juga untuk bahan ‘sharing’ dengan keluarga dan kerabat sepulangnya kita ke Indonesia nanti.. Amiin…

One Comment Add yours

  1. RS says:

    Luar biasa … sangat berguna bagi kita2 yg di Indo … betapa perhatiannya org di sn dgn mahluk yg namanya manusia

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s