Meal Time

Punya anak kecil seumur Alia emang susah-susah gampang. Apalagi soal nyiapin makannya.. Kadang mau makan banyaaak bangett, kadang ngga mau maka sama sekali. ALhamdulillah waktu  mulai dikasih MPASI (Makanan Pendamping ASI) di umur 6 bulan, Alia ngga begitu susah makan. Apa aja yg ibu siapin selalu dimakan sama Alia.. Ibu percaya, selera makan pada bayi dan anak-anak sudah bisa dibentuk sejak dalam kandungan dan saat menyusu pada ibunya. Sejak dalam kandungan, bayi sudah bisa merasakan rasa air ketuban yang berubah-ubah tergantung apa yang dimakan ibunya. Misal, selama hamil si ibu doyan banget makan bakso, ngga heran nantinya  si anak juga bakal doyan bakso karena rasa itu yang sudah familiar dengannya. Makannya, para Ibu hamil biasakan makan yang sehat selama hamil ya.. Banyak makan sayur, buah, ikan, hindari junkfood, minuman yg terlalu manis.. Selain baik untuk kesehatan ibu dan bayi, juga untuk membentuk selera makan baby kita..

Sebelum 6 bulan, Alia cuma minum ASI saja (walaupun sempat kena susu formula selama di RS). Selama bayi hanya menyusu pada ibu dan belum diberi makanan pertama, ibu juga sudah bisa membentuk selera makan pada bayi.. Rasa asi bisa berubah-ubah sesuai makanan yang dikonsumsi ibu. Dengan begitu, anak yang minum ASI akan lebih kenal beragam makanan, dan ngga akan jadi picky eater nantinya (amiin….). Walaupun rasa ASI akan berubah sesuai makanan ibunya, mitos bahwa ibu menyusui jangan minum es supaya bayinya ngga pilek, atau ibu menyusui jangan makan sambel supaya bayinya ngga diare, atau kalau bayi ASI pilek, ibunya aja yang minum obat, rasanya itu semua cuma mitos.. mungkin setelah ibu menyusui minum es atau makan banyak sambel lalu si ibu jadi pilek atau sakit perut sehingga stamina menurun dan kuantitas ASI jadi berkurang. Jadi secara tidak langsung akan berpengaruh juga pada bayi.. Kalau cerita tentang ASI, bakalan ngga ada habisnya deh! Nanti di kesempatan lain Ibu bakal bikin cerita khusus tentang ASI aja.

Balik lagi cerita tentang MPASI Alia di usianya yang ke-6 bulan (sesuai saran WHO dan IDAI)… Dulu, waktu alia umur 5 bulan, dia sudah mulai masukkan segala macam benda ke mulutnya. Banyak yang bilang Alia sudah waktunya dikasih makanan tambahan selain ASI. Banyak juga yang bilang kasian ALia kelaparan.. Tapi Ibu (dengan support dari Bapak Abink) tetep menunda MPASI ALia sampai umur 6 bulan.. Sebenarnya ada beberapa pertimbangan kenapa MPASI dianjurkan diberikan saat bayi berumur 6 bulan.. Krena di usia 6 bulan, sistem pencernaan bayi sudah terbentuk sempurna dan siap menerima makanan tambahan yang teksturnya lebih padat dan dapat menyerap kandungan gizi makanan dnegan optimal. Selain itu, di 6 bulan, sistem kekebalan tubuhnya juga mulai berkembang sehingga siap menerima makanan lain, selain ASI yang sangat higienis. Dengan memberi MPASI saat usia 6 bulan akan mengurangi resiko obesitas dikemudian hari..

Makanan padat pertama Alia adalah bubur beras merah organik -non instan- diencerkan dengan ASI. Ibu dan bapak waktu itu memang sudah berkomitmen untuk ngga memberi makanan instan untuk Alia. Karena Ibu dan Bapak percaya, yang fresh pasti lebih baik daripada yang instan.. Hari pertama Alia makan, kurang sukses karena jam makannya bertepatan dengan jam ngantuknya Alia hehehe… Hasilnya, cuma masuk 1-2 suap aja.. Jadi sebaiknya memberi MPASI pada bayi tidak disaat bayi ngantuk dan bukan setelah menyusu. Oiya, kenapa kok diencerkan dengan ASI? Karena kan Alia udah kenal rasa ASI, jadi ngga begitu bingung waktu disupin bubur beras merahnya..

ALia makan pertama (280709)
ALia makan pertama (280709)

Setelah dikenalkan dengan bubur ASI beras merah, Alia mulai dikenalkan dengan sayur (bayam, sukini, wortel,  brokoli), buah (pear, apel, jeruk baby, jambu merah), dan ikan (kakap, teri, patin). Oiya untuk buah apel dan pear, sampai umur 8 bulan masih dikukus agar lebih gampang dimakan. Satu hal lagi yang Ibu perjuangkan untuk membentuk selera makan Alia yaitu no gula garam minimal sampai Alia 1 tahun… Sebenarnya bukan cuma untuk membentuk selera makannya aja, tapi juga untuk memperingan kerja ginjal bayi kecilku, Alia… Susah banget memang…kadang tergoda untuk ngasih alia macam-macam makan karena di umur 8 bulanan Alia udah mau makan macem-macem. Dan di umur 10-11 bulan, kadang Alia mulai susah makan. Tapi, Alhamdulillah, disaat-saat susah makan, Alia masih lahap banget kalo makan oatmeal yang dicampur kuning telur rebus atau pisang. Dan masih doyan banget puree jambu merah.. Sayang sekarang setelah tinggal di NZ ngga bisa nemu jambu merah lagi…

Saat makan bagi ibu dan bapak Abink bukan cuma sekedar mengisi perut, tapi juga untuk melepas lelah, untuk sarana berkumpul seluruh keluarga, sharing…. Jadi sejak 6 bulan, Ibu sudah membiasakan Alia untuk makan di meja makan. Walaupun Alia makan di atas strollernya, tapi tempatnya tetep di ruang makan..

Di ulang tahun Alia yang ke-1, Bapak Abink belikan Alia high chair untuk hadiah ulag tahun.. Awalnya Alia ngga mau makan di hugh chair. Tapi lama kelamaan akhirnya Alia terbiasa juga makan di high chainya.

maem di high chair
maem di high chair

dan sejak umur 1 tahun, Alia mulai belajar makan sendiri.. maksudnya, Ibu kasih piring khusus yg isinya potongan sayur atau daging jadi Alia bisa nyuap sendiri selain makanan utama yg disuapin Ibu..

Umur high chair Alia ternyata ngga lama. Bukan karena rusak atau hilang, tapi sejak Alia bisa jalan udah ngg mau lagi duduk di highchair. Dia lebih pilih duduk sendiri di kursi makan yg sama kayak Bapak Ibu. Soal makanan juga maunya makan makanan yg sama kayak bapak ibu.. Jadi bapak ibu sering’ngakali’ Alia.. Misal cocolan ayam goreng bapak pake sambel ABC yg pedeesss itu tp buat Alia ibu kasih saus tomat yg asam manis. Kalo bapak bikin indomie goreng lengkap dg minyak sayur, saos sambal dan bumbuya yg super gurih itu, Mie buat Alia cuma Ibu kasih kecap aja..  Bentuk dan warnanya sama ky punya bapak jd Alia suka… hehe…

Soal ngemil, Alia juga suka ngemil.. Kalau dituruti, Alia sukaaa banget makan kripik kentang, kripik jagung, rice cracker pokoknya segala yg kriuk2 Alia suukaaaa.. Tapi bapak Ibu mulai membatasi Alia makan keripik2 yg super duper gurih. Jadi sekarang keripik2 gurih jdi konsumsi orang dewasa di rumah Alia (bapak ibu) Alia makan kripiknya kadang-kadang aja.. Tapi Alhamdulillah, Alia juga suka buah dan keju. Ngemil buah & keju sepertinya lebih sehat buat Alia. Buah yang ngga pernah Alia tolak,  strawberry dan jeruk navel. Kalo buah lainnya kadang masih ada bosennya. tapi kalo 2 buah tadi ngga bakal ditolak deh sama Alia..

Sampai sekarang, Bapak Ibu dan Alia masih berjuang untuk membentuk pola makan sehat untuk Alia. Banyak tantangannya, tapi kami ngga menyerah.. Walalupun Alia kadang2 Ibu kasih roti isi selai cokelat, keripik kentang gurih, biskuit yang pake real cokelat, nugget pabrikan, tapi itu cuma kadang2.. Ibu Bapak berusaha membatasi, bukan ngga boleh sama sekali. Yang penting, nantinya Alia harus tahu bagaimana pola makan yang sehat🙂

duduk sendiri di meja makan
duduk sendiri di meja makan
ngemil strawberry n blueberry
ngemil strawberry n blueberry

7 Comments Add yours

  1. Nia says:

    Alia…salam kenal dari Dek Aya..
    Kenalin juga saya Nia istrinya Bayu Arie (Man ’03 FEUB), thanks banget ya ‘story’ nya..bisa jadi masukan nih buat perkembangan Aya nanti. Usia Aya sekarang baru lima bulan, dan sebentar lagi akan menyicipi MPASI🙂

    Like

  2. Hai dek Aya & Tante Niaa…. Salam kenal juga.. Semoga bermanfaat ya cerita2 dari Alia, Ibu & Bapak.. Selamat mempersiapkan MPASI buat dek Aya🙂

    Like

  3. RS says:

    Keluargahussein !
    Wkt pak Abink kecil … suka banget sama Chiki …😉

    Like

    1. wes kai jangan mbuka rahasia ya nanti Alia juga pengen Chiki kai yang tanggung jawab loh

      Like

  4. nini says:

    asiiiik pake jaket baru… ibu mana kok nggak keliatan??

    Like

    1. Ibu juga pake jaket baru tuh, nini… Ibu ngga keliatan karna Ibu yg moto hhehehe…

      Like

  5. wohangara says:

    alia badannya montookk…
    pipi nya chuby euy… jadi pgn nyubiiittt…
    heheheee

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s