Course 1 @ Playcentre

Setelah melewati 1 term di playcentre tanpa duty, akhirnya Ibu kebagian duty juga.. Buat yang blom tau, duty di playcentre sebenernya cuma untuk memastikan kecukupan orang dewasa yang tinggal di play centre untuk nemenin anak-anak main.. Setiap hari, harus ada minimal 5 orang dewasa di playcentre + koordinator (di Lincoln Playcentre, koordinatornya Kate) Selain itu, yang lagi duty hari itu biasanya bakal ngerjain kerjaan lebih banyak dari yg ngga sedang duty.
Ibu kebagian duty setiap hari Senin, jadi sekarang ngga bisa seenaknya ngga dateng ke playcentre hehe.. Senin kemarin Alia agak bingung liat Ibu pake yellow apron , dia suruh buka terus.. Tapi setelah Ibu kasih tau kalo Ibu lagi duty, dia akhirnya ngerti. Good girl! Ngga ada yang terlalu spesial soal duty-nya Ibu di playcentre, cuma Alia agak rewel aja waktu Ibu lagi beberes.

playcentre
Yang terasa spesial malah hari ini.. Hari ini adalah hari pertama Alia datang ke Playcentre di hari Kamis. Banyak teman baru.. dan Ibu ‘hampir’ lulus course 1. Yiiihaaa……🙂 beneran Ibu seneng banget karena Ibu punya cita-cita nerusin ke course 2,3 and 4… Walalupun yang wajib diikuti sebenernya cuma course 1 aja..
Jadi, di playcentre, semua orang tua wajib ikut course, yang dibagi jadi 4 bagian.. Yang wajib lulus cuma course 1 aja.. Course itu seperti sekolahnya orang tua.. disana diajari gimana menumbuhkan kreatifitas anak, diajari apa gunanya anak main pasir, air, blocks, playdough, baking, music, storytelling, puppets, dll..
Balik lagi ke course 1-nya ibu.. Untuk lulus course 1, Ibu harus menguasai 3 area permainan. Minimal tau bagaimana menyiapkan dan paham gunanya.. Jadi hari ini Ibu ngobrol sama ibu-ibu petugas pendidikannya playcentre, dan Ibu dianggap sudah menguasai 3 area permainan playdough, painting dan sandpit🙂
Sebagai bukti, Ibu mau share salah satu resep playdough yang biasa dibkin di playcentre ya… Playdough ini relatif aman karena pake bahan-bahan yang ngga mengandung racun hehehe…

PLAYDOUGH
tepung terigu 2.5 cups
garam 1/2 cup
cream of tartar 2 sdm
minyak 2 sdm
air panas 2 cups
pewarna makanan secukupnya
Caranya: campur semua bahan jadi satu, uleni sampe jadi dough.. Ajak anak-anak untuk pilih warna kesukaan mereka dan ikut bikin dough-nya pasti mereka seneng banget..
Dengan bermain palyadough,anak-anak belajar mengenal tekstur, belajar imajinasi, dan dengan membuat dough bersama anak-anak mereka akan merasa dihargai..

Area permainan ke-2 yang udah Ibu kuasai adalah Sandpit.. Alia seneeeeng banget main pasir.. Ibu sering bikinin Alia (dan teman2nya) sand castle.. bikin terowongan pasir, dan bikin volcano..
Untuk bikin volcano, yang diperlukan:
cup kecil (biasanya kita pake cup bekas yoghurt)
baking soda
vinegar +pewarna (tetep pake pewarna makanan)
Caranya:
Bikin gundukan pasir menyerupai gunung, taruh cup di puncaknya. tuang 1 sdt baking soda, tuang vinegar yang udah dicampur dg pewarna.. Anak-anak bakal seneng ngeliat gunung berapi yg sedang meletus dan mengeluarkan lava. yang meleleh-leleh…
Dengan main pasir, anak-anak juga belajar mengenal tekstur, gravitasi, menenal alam, mengembangkan kreatifitas dan belajar untuk bekerja sama.

Area ke-3 yaitu Painting.. Siapa sih yang ngga bisa nyiapin alat-alat lukis? Cuma sediakan kertas, kuas, cat yang sudah dicampur dengan lux flakes, dan pakai papan lukis (kalo ada).. Kadang-kadang, anak-anak d playcentre dibiarkan melukis dengan tangan, bahkan bikin footprint.. Ngga peduli tangan dan kaki kotor. Setiap ke playcentre, Painting adalah area yang pertama kali di datangi Alia. Setelah sign in, taruh tasnya, langsung ke tempat painting dan bilang ‘apon’.. Maksudnya dia mau pake apron untuk painting heheheh…
Anak-anak belajar mengekspresikan apa yang mereka rasakan dan pikirkan dengan melukis, Orang tua bisa membantu anak-anak untuk mengenal warna, bentuk, dan ukuran melalui proses melukis.. Dengan melukis juga akan membantu anak mengatasi ketegangan dan frustasi..

Untuk lulus course 1, bukan cuma harus menguasai minimal 3 area permainan aja, tapi Ibu juga harus ikut dalam diskusi rutin mingguan dan admin meeting tiap bulannya.. Nah, dua hal itu yang sekarang sedang Ibu usahakan untuk rajin dateng🙂 mudah2an Ibu bisa cepet lulus course 1 trus lanjut course 2,3 dan 4. Biar pulang ke Indonesia nanti ada oleh-oleh yang bermanfaat buat anak-anak Indonesia….

Mat Time with Kate
Mat Time with Kate

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s