Sup krim jagung

Alia pilek.. Pasti enak kalo mam yang anget-anget.. buka kulkas masih punya ayam, jagung, asparagus, jamur.. Awalnya mau bikin sup asparagus aja, tapi bapak Abink maunya sup yang creamy.. Akhirnya pindah haluan ke sup krim jagung aja.

Bahan:

Jagung manis 2 buah , pipil. 1/2 bagian diblender halus dan disaring.

Ayam 1/4 kg

jamur kancing 5 butir, ris tipis

Bawang putih 4 siung, cincang

Bawang bombay 1/2 buah, cincang

Garam 1 sdm

Gula 1 sdt

Merica bubuk  1/2 sdt

Susu cair 150 ml

Tepung terigu 2 sdm, cairkan dengan 50 ml air

Cara:

Rebus ayam, lalu suwir-suwir atau potong kotak kecil. Masukkan kembali ke dalam air rebusan. Tambahkan semua bahan kecuali tepung terigu dan susu, aduk rata, biarkan hingga matang.. tambahkan susu cair, aduk-aduk hingga mendidih. Kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk cepat. Kalau kurang kental bisa ditambah tepung jagung/kanji 1 sdt, cairkan dg 25 ml air, aduk cepat. Sajikan dengan irisan seledri dan roti kering bawang. Yummy…

Saya jarang banget bikin sup krim jagung ini baru kedua kalinya… waktu pertama kali bikin dulu, jagung yang diblender dan disaring pakai jagung biasa bukan jagung manis.. Jadi kuah supnya ngga usah pakai terigu/kanji sudah kental dengan air jagung.. Kali ini yang ada cuma jagung manis jadi harus pakai bantuan tpg terigu/kanji biar lebih kental.

Kmarin niatnya mau bikin garlic bread juga buat teman makan sup, tapi pas supnya mateng Alia n bapak Abink udah ngga sabar pengen makan. Ngga jadi deh bikin garlic bread.. Makan sup pake roti tawar biasa juga enak kok…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s