Alia 18 bulan

Sekarang kalo Ibu ditanya soal umur Alia, dengan bangga Ibu bisa bilang ‘ one and a half year’ Satu setengah tahun… Ngga terasa udah satu setengah tahun ada Alia di tengah-tengah kita. DUlu waktu masih bayi, Alia suka banget teriak-teriak kalau dia punya keinginan. Awal Ibu berangkat ke NZ, Ibu sempat khawatir bakalan repot banget ngurus rumah dan Alia sendirian tanpa ada yang bantu tanpa ada yang bisa dititip jaga Alia barang sebentar. Tapi semakin besar Alia semakin pinter, semakin pengertian.. Sekarang ngga ada lagi teriakan-teriakan histeris kayak dulu… Mungkin karena Alia sudah mulai bisa komunikasi, jadi Ibu tau apa maunya Alia. Cuma kalau lagi ngantuk aja sedikit rewel, pengen di gendong Ibu.. ALhamdulillah Ibu menikmati saat-saat harus pontang panting bikin sarapan, nyuapin Alia, nyiapin Alia ke sekolah, antar dan nemani Alia di sekolah, pulang kerumah biasanya Alia udah bobok, Ibu bisa selonjoran bentar trus bebenah rumah, nyiapin makan siang (biasanya blm selesai masak Alia udah bangun), Main bentar sama Alia, nerusin masak, nyuapin Alia, nyiapin makan bapak Abink, cuci piring, nge-vakum, ngelipet baju (jarang setrika), nyikat kamar mandi (urusan WC, Ibu serahkan kepada Bapak Abink😀 ), tapi kalo udah slesai semua dapat ciuman dari Alia rasa capeknya ilang🙂 Rasanya selama di Indonesia belum pernah se-pontang-panting ini tapi Ibu menikmati sekali, dan sudah mulai terbiasa. Salah satu hikmah dari semua ini adalah Ibu ngga naik berat badan walaupun makanannya ngga karuan hehehe.. *curcol*

Kembali soal Alia, gadis kecilku yang sudah 18 bulan… Tambah banyak omongnya.  A-haa…. Yup…. Yi(e)s…. Iiiiiiiyak… he-eh…. itu pilihan kata Alia kalau dia setuju.

A-haa.. terinspirasi dari Curious George. Monyet lucu dan pintar, suka banget bilang A-haaa dan akhirnya diikutin Alia..

Yi(e)s.. Mungkin denger dari temen-temennya dan lingkungan Play Centre yang kebanyakan adalah orang New Zealand. Orang2 NZ biasa melafalkan huruf e seperti huruf i. Misalnya, Yes jadi Yis🙂 Jadilah Alia ikut2an..

He-eh.. Kalo yang ini ikut2an Ibu n Bapak.

Iiiiiiyak.. Yup.. Nggak tau nih alia copy dari mana. Yang jelas terdengar lucu ketika Alia bilang iiiiiiyak (dengan i yang ditarik panjang, dengan tampang agak mikir)..

Sekarng Alia juga lagi suka bilang ‘no way!!’. Awalnya memang lucu, dan kita jadi lebih sering memancing Alia untuk bilang no way. Tapi kemarin waktu di sekolah, Alia teriak2 “no way! no way!” waktu Ibu minta pakai apron sebelum painting, dan diulangi lagi teriakan ‘no way’ itu waktu Ibu minta pakai Jaket sebelum main di luar. Ibu sedikit malu waktu itu.. Anak bule aja ngga ada yang pake kata ‘no way’ untuk penolakan.. Hasil ngobrol dengan bapak Abink, kita akan berusaha meminimalisasi Alia ngeluarin kata ‘no way’ nya. Mudah2an berhasil, doakan kamiii…..

Soal makan, Alia mulai angin-anginan makannya. Kadang bisa makan lahap banget, tapi ada saat dimana Alia males makan. Tapi biasanya kalo Ibu bikin bubur ayam, sayur lodeh, atau oatmeal with tuna, Alia mau makan banyak…

Kalo lagi makan makanan yang Alia suka, dia biasanya bilang “nice…” atau ” yummm…y”. Kalau Alia share makanan/minumannya sama Bapak/Ibu, ALia bakal nanaya “nice????” dengan tampangnya yang lucu.

Lagi hobby main telpon-telponan. Bukan cuma pake HP Bapak/Ibu tapi pake remote, tempat CD, atau barang apa aja yang dia mau bisa dia pake untuk telpon2an. Kalo lagi main telponan, Alia suka manggil-manggil Bapak, kadang Mama, kadang Kai. Menurut pengamatan Ibu sih Alia ngga pernah manggil Ibu kalo lagi main telpon. Mungkin karena Alia ngerasa ngga perlu telpon kalo mau ngomong sama Ibu, kan Ibu ada sama Alia terus hehehehe…. “halooo, Kum… (halo Assalammualaikum)” kata pertama Alia kalo lagi main telpon. Kata selanjutnya???? Bisa ngomong soal apa yang lg dia lihat di TV, yang lagi dia mainin atau kata-kata ngga jelas yang Ibu ngga ngerti artinya.

Mulai suka pakai sepatu/sandal orang dewasa. Dari sepatu bapak sampai slipper ibu pernah dicobain Alia. Sepertinya diaudah mualai penasaran soalsepatu gede sejak bbrapa bulan yg lalu karena di Play Centre anak-anak yang udah agak gede (3 tahun ke atas) suka main dress up dan suka pakai sepatu orang gede. Skarang kalo ada sepatu nganggur di depan mata, suka Alia pakai.

Pakai sepatu Ibu

Rambut Alia udah semakin panjang sekarang.. Harus pakai hair clip terus. Untungnya Alia seneng kalo dipakein hair clip. Kemarin malah bisa di kuncir sama bapak Abink.. Sebenernya Ibu pengen potong rambut Alia tapi nanti aja deh tunggu di Indonesia aja. Abis disini bingung mau potong dimana, kan Ibu ngga bisa motong rambut Alia jadi kalo Ibu nekat malah jadi

ngga karuan , kasian Alianya…

dikuncir Bapak

18 bulan, Alia masih mimik ASI.. Kalau siang imik ASI nya udah mulai kurang karena sibuk main.. Paling kalau mau bobok aja Alia suka minta nenen. Skarang kalau pergi2 juga jarang nenen di jalan, jadi Ibu bisa lebih sering pakai baju tanpa bukaan depan.

Alia udah banyak omong nya. Suka banget ngikutin orang ngomong. Kalo ada musik/lagu suka kutan nyanyi. Tapiiii kalo ketemu orang yg ngga begitu kenal Alia suka malu, nunduk aja, ngga mau senyum…😦 harus adaptasi dulu lumayan lama baru mau diajak main.

Sudah bisa nerusin lagu ABC. Kadang, dia suka ngoceh2 sendiri A,B, C,…. lanjutannya diterusin secara acak atau ngga jelas hehehe… Kalo ada tulisan, Alia suka berlagak ngeja huruf-hurufnya. Begtu juga dengan menghitung 1-10, kalo lagi mood nya bagus Alia bisa ngitung 1-10. Tapi klo lagi males, paling cuma asal aja ngitungnya.

Beberapa waktu yang lalu sempat adawacana untuk bawa Alia ke child care dan Ibu kerja. Kebetulan ada lowongan kerja dideket rumah dan kebetulan child care kampus juga sudah ada tempat untuk Alia (setelah antri selama 6 bulan). Ibu Bapak minta waktu ke childcare-nya selama 2 minggu untuk memutuskan apakah kita akan ambil tempatnya atau nggak, sambil tunggu panggilan kerja buat ibu.Jadi kalau ibu dapet panggilan kerja, Alia mau di child care. Hari-hari nunggu panggilan kerja bikin Ibu stress.. Bukan karena ngebayangin harus kerja, tapi lebih karena ngebayangin harus nitip Alia di childcare sementara Alia masih ASI, ngebayangin harus nyiapin stock ASIP buat Alia selama di child care. Akhirnya setelah ditunggu 2 minggu ngga ada panggilan juga, bapak ibu putuskan untuk ngelepas kesempatan/tempat di child care buat orang lain aja, kasian yg udah antri dibelakang kita digantung karena nungguin keputusan dari kita. Soal kerjaan kayaknya juga masih beum jadi rejeki Ibu, mungkin udah keisi orang lain. hikamhnya, Ibu jadi semakin menikmati saat2 sama Alia, nenen, main, cuddling.. 6 bulan lagi Alia disapih, mungkin nanti Ibu yang bakal lebih kangen nenenin Alia sambil ngobrol, sambil pipi di elus2 Alia… Sekarang ibu juga mulai cari penegetahuan tentang menyapih dengan cinta, seperti dulu Ibu mencari tahu tantang menyusui dengan cinta..

One Comment Add yours

  1. RS says:

    Bagus sekali dit ….. bpk baca ber ulang2

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s