Library

You can have an adventure in a far away land

You can learn about the tuba in a marching band

You can travel to the stars or the deep blue sea

When you learn to borrow book from the library.. You will be proud, if you take a book home from the library… *Barney’s song*

Kalau denger lagu Barney yang Library & I love to read, biasanya Alia langsung ambil bukunya dan berlagak lagi serius baca..  Dari Alia masih baru lahir memang Ibu & Bapak sudah berusaha membiasakan Alia pegang buku dan dengar cerita yang ibu bacakan. Ngga peduli Alia ngerti atau nggak waktu itu, ibu terus aja cerita.. Ibu & Bapak memang sudah komitmen bahwa Alia harus akrab dengan buku, karena buku adalah jendela dunia. Kami juga bersyukur banget bisa tinggal di NZ yang fasilitas buat anak-anak benar-benar diperhatikan, termasuk library-nya. Sebelum winter Alia dan Ibu bisa dibilang sering pergi ke Selwyn Library deket rumah. Setiap hari Rabu Alia ikut toddler time, sesi menyayi dan bercerita untuk anak-anak. Selain hari Rabu kalau ke library paling ngajak Alia main sambil ibu baca-baca buku, kadang cari buku resep, baca-baca sambil duduk di bantal besar di pojok anak-anak. Nyaman dan hangat…

Sejak winter, Alia mulai jarang ke library karena dingiiin males jalan kesananya. Lagipula, jadwal sekolah Alia di play centre berubah dari Senin, Selasa, Jumat jadi Senin, Rabu, Kamis karena hari Selasa dan Jumat Ibu ada kegiatan International women group (di library juga). Jadi skarang Alia udah ngga dateng toddler time lagi, tapi Alia pergi sekolah hari Rabu. Karena minggu lalu sepertinya sudah mulai hangat, jadi Ibu ajakin Alia jalan ke library. Senang bukan kepalang si kakak Alia..

serius, mewarna kupu-kupuAwalnya Ibu pengen cari-cari buku parenting dan buku resep bikin kue, tapi ternyata sampe library Alia ngga mau jauh dari Ibu.  Biasanya Alia anteng dengan mainan atau sibuk corat-coret pake crayon, sementara Ibu leluasa cari-cari buku. Tapi kali ini begitu ibu jalan sedikit, Alia udah teriak-teriak manggil ibu. Mungkin karena udah lama ngga ke library jadi agak ngga nyaman ditinggal sendirian tanpa ibu di sampingnya🙂 Ya udah deh, akhirnya Ibu nemenin Alia mewarnai, mainan kasir, dokter-dokteran, main dinosaurus.. Ya sudah lah, ngga apa-apa biar Alia merasa nyaman dulu baru nanti ibu cari buku buat ibu. Begitu Alia mulai bisa agak ditinggal menjauh, Ibu cepet-cepet cari buku resep, dapet buku resep masakan Asia dan resep buat dessert. Buat Alia ibu pilihin buku baby yang banyak gambar binatangnya dan DVD lagu anak-anak.

Di sini,anak-anak bahkan  baby yang baru lahirpun punya hak keanggotaan perpustakaan. Malahan untuk anak-anak dikasih banyak keistimewaan misalnya gratis pinjam VCD, diskon 50% untuk pinjam DVD, ngga kena denda kalo telat ngembalikan buku, ngga kena denda kalau buku yang dipinjam rusak. Asyik kan….
main cash registerTapi kita sbagai orang tua harus tau diri juga lah, jangan karena pengen dapet diskon 50% untuk DV jadi pake kartu nya anak-anak. kan ngga lucu kalau anak-anak pinjem DVD pilem orang dewasa atau anak-anak pinjem buku-buku orang dewasa hahaha.. ini pengalaman pribadi beberapa minggu yang lalu, Ibu ke perpustakaan sendirian, pilih-pilih buku resep, majalah dan buku parenting ngga lupa buku anak-anak buat Alia. Kebetulan kartu perpustakaan punya Ibu lagi keselip entah dimana, jadi berlagak cuek ibu kasih aja kartu punya Alia, eh si petugasnya nanya ini bener Alia yang pinjem? Akhirnya Ibu jelasin kalo Ibu ngga bawa kartu jadi pake punya Alia aja sekalian. Untungnya sama librariannya dibolehin🙂 Sejak itu Ibu ngga pernah lupa bawa kartu punya Ibu dan kalau pinjem selalu Ibu pisahin mana yang punya ALia, mana yang punya Ibu.

Library di sini punya banyak program bukan hanya untuk anak2 tapi juga untuk orang dewasa. Sebut saja yang untuk anak-anak ada toddler time dan club  buku. Club buku ini ditujukan untuk anak 7 tahun ke atas. Mereka berkumpul untuk membahas satu buku atau bercerita tentang buku yang sedang mereka baca. Untuk orang dewasa ada diskusi mengenai teknologi, diskusi mengenai binatang peliharaan, dll. Nggak heran deh kalau semua orang senang ke Library.

New Brighton Library

Awalnya, Ibu dan Alia cuma pernah ke satu library aja (Selwyn Library di Lincoln). Week end kemaren tanpa rencana kita bertiga jalan2 ke New Brighton Beach. Ngga tau mau apa.. mau main pasir tapi udara dingin dan angin kencang. Akhirnya kita masuk ke library nya. Baru masuk sudah disuguhi pemandangan orang-orang yang berjejer baca buku menghadap ke laut. Turun ke lantai bawah, ada ruangan besar yang disekat-sekat menjadi beberapa section. Ada section anak-anak yang dilengkapi kursi-kursi kecil, rak buku yang aman dan mudah dijangkau anak-anak, komputer yang dilengkapi permainan edukasi, dan ngga ketinggalan berbagai mainan dari boneka sampai puzzle. Section lainnya ada setion untuk remaja dengan sofa dan bantal-bantal besar yang cozy, buku dan majalah untuk remaja. Ada juga ruang komputer yang bisa diunakan untuk pengunjung yang hobi browsing via internet. Di salah satu sudut perpustakaan juga tersedia televisi dilengkapi dengan karpet empuk, mungkin biasa digunakan untuk toddler time atau untuk acara-acara diskusi yang diadakan di sana. Buat Ibu (yang sewaktu di Indonesia jarang ke perpustakaan), New Brighton Library cukup mencengangkan dan membuat keinginan Ibu untuk punya perpustakaan dengan fasilitas yang oke dan nyaman semakin menggebu-gebu. Ibu pengeeen banget suatu saat punya library yang lengkap di rumah dengan koneksi internet yang mantap, sofa yang nyaman, home theatre, mainan2 dan di salah satu dindingnya ditempel wallpaper peta dunia yang gedeee banget. Menghabiskan hari libur dengen keluarga di sana baca buku, baca cerita buat Alia (dan adik-nya suatu saat nanti), nonton film bareng, main halma atau ludo bareng, pasti asik banget…. Selain dirumah, suatu saat nanti insyaAllah Ibu juga pengen punya library dan toys library buat masyarakat umum. Amiiin…..

4 Comments Add yours

  1. RS says:

    Mdhan keinginan mamahnya Alia tercapai ya. Amiiiin

    Like

  2. midha says:

    Halo mba Dita & Mas Sabil plus si kecil alia..
    udh lama bgt ngga ketemu.. Akhirnya ktemu lg via facebook & akhirnya dr facebook aku kesasar k blog ini..
    Sukaaa deh baca ceritanya.. Bnr2 keluarga yg bahagia…:)

    regards,
    midha (klo lupa aku itu ex SMA 4 & pernah ikutan lomba di LSME UB, hehe)

    Like

    1. haloo midha… iya udah lama bgt ngga ketemu ya kita🙂 midha dimana skrg?
      Makasih udah mampir baca yaa…

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s