Catatan Kehamilan

SEMUA BERUBAH

Selasa, 17 Juni 2008.  Sejak di diagnosa hamil oleh dokter sejak tangal 27 Mei yang lalu, kehidupan kami jadi sedikit berubah.. Dan yang ada dipikiran saya cuma gimana bikin calon beibi di perut sehat dan nantinya jadi anak yang ‘baik’… Kehamilan anak pertama kami sungguh bikin kami bahagia, tapi bukan berarti mulus2 terus tanpa ada cobaan.. Sekitar dua minggu yang lalu, saya ngerasa perut sebelah kiri saya kram, dan muncul flek kecoklatan.. karena ngga mau ambil resiko, si bapak langsung ngajakain saya ke dokter.
ternyata sama dokter disuruh bedrest total dan minum obat penguat janin yang harganya Masya Allah mahalnya…. tapi apa sih yang enggak kita lakukan buat calon beibi ini… semahal apapun kalo buat dia kami pasti lakukan.. heheheh… setelah bedrest total di kamar selama 2 hari, akhirnya saya nggak tahan juga untuk nggak keluar kamar. hari ketiga udah mulai jalan ke luar kamar, nonton Tv sambil duduk, makan di meja makan, tapi sholat masih tetep pake kursi.. Dan hari ke lima nya, saya udah ngotot ngajakin si bapak makan
steak di warung deket rumah…. Sejak hari itu, saya udah nggak bedrest total lagi, cuma belom brani banyak jalan (apalagi ke mall), dan nggak ngerjain kerjaan yang berat-berat. Alhasil, warung cwie mie dan soto banjar saya, sementara ditutup dulu… Emang uang saku jadi berkurang, tapi si beibi Insya Allah jadi lebih kuat.. Perubahan lainnya sejak divonis hamil adalah selera makan yang naik turun.. kadang doyan banget makan, tapi kadang suka mual kalo bau masakan.. lebih suka makanan yang berkuah dan suka banget makan buah2an.. tapi walopun saya sering mual kalo bau
masakan, tetep saya paksain untuk makan.. Kata orang-orang kalo lagi hamil harus banyak makan yg bergizi.. makanya, si mbak di rumah yang saya kasih tugas masak selalu saya ingetin untuk nyuci bersih semua bahan yg mau dimasak dan yang penting tanpa MSG !! Perubahan lain sejak saya dinyatakan hamil juga terjadi pada si bapak.. sekarang bliaunya lebih perhatian sama saya (senangnyaaa..), lebih rajin nabung buat calon beibi kita, dan lebih sabar banget ngadepin saya yang emosinya lagi naik turun nggak jelass.. Oh iya, kami sekarang lebih sering berdebat soal nama calon beibi kita heheheheh…. Terlalu cepet nggak sih kalo kita udah mulai
ngarang2 nama buat dia??? Dan satu lagi, kami jadi punya panggilan baru: Bapak untuk mas sabil, Ibu buat saya dan kakak buat calon beibi kita…. Tapi satu yang nggak pernah berubah dari kami, yaitu selalu bersyukur atas apapun yang sudah Allah kasih buat kami…..

8 MINGGU MENAKJUBKAN

Rabu, 25 Juni 2008 Kemarin jadwal saya mampir ke dr. Punomo lagi.. Sempat deg-deg an karena waktu kejadian flek dua minggu yg lalu saya periksanya ke dokter lain… Tapi ternyata dr. Pur nya nggak ngomong macem2 heheheh…. di USG lagi, 8 minggu lebih 4 hari si Kakak udah makin jelas keliatan dan udah ada detak jantngnya… Subhanallah, jadi berasa nyata banget kalo ternyata di dalam “perut” saya ada kehidupan lain.. Sejak denger detak jantungnya, saya tambah cinta banget sama si kakak (sama bapaknya juga siiihh…)

10W 3D

Senin, 07 Juli 2008 Sudah 10 minggu lebih 3 hari si Kakak ada di perut saya. Nggak terasa trisemester pertama hampir terlewati. Kemarin-kemarin saya masih asik memanjakan diri sendiri, males minum vitamin, ngak doyan minum susu, kadang males makan tapi doyan banget jajan bakso atau siomay di depan rumah.. Dua hari yang lalu si Bapak ngingetin saya untuk nggak males minum
vitamin, minum susu, dan cari makanan-makanan yang berguna buat kakak.. Kata bapak biar nggak ‘terlambat’, ntar kalo terlambat malah nyeselnya nggak abis-abis. Mulai hari ini saya jadi semangat untuk masak kacang hijau dan minum airnya ditambah madu. Walaupun rasanya eneg banget, tapi ngak apa-apa lah demi si Kakak🙂 Beberapa hari ini saya jadi suka banget makan eskrim.. Tadi pagi saya juga beli eskrim banyak banget buat ngilngin rasa pahit di mulut. Kalo abis minum vitamin yang bau nya nggak enak itu, di kasih es krim aja biar seger… Tapi bener gak sih kalo lagi hamil nggak boleh minum es? katanya kalo minum es ntar bayinya jadi
gede…. Bener nggak ya???

4 BULAN

Jumat, 29 Agustus 2008 Udah lama saya nggak nulis cerita di blog.. Awal dibikinnya blog ini memang ditujukan untuk dokumentasi masa sekarang, biar nanti kakak dan (mngkin) adek-adeknya nanti, bisa tau asal muasal mereka.. Bisa tau catatan kehidupan bapak dan ibunya.. Nggak terasa si kakak udah 17 minggu ada di perut saya. Tanggal 9 Agustus 2008 kemarin kami bikin acara pengajian 4 bulanan di rumah. Niatnya cuma mohon doa restu dari sodara
sodara dan sekaligus berdoa bersama biar kakak dikasih kesehatan, baik hatinya, baik rupanya, panjang umur dan murah rejeki.. Amin.. Banyak sodara-sodara yang terheran-heran waktu kami undang ke acara 4 bulanan kemarin. Biasanya mereka bikin acara selamatan/pengajian kalo umur kehamilan udah 7 bulan.. Tp kami yakin kalo pas usia kehamilan 120 hari, itu waktunya ditentukan nasib si calon bayi.. Ditentukan umurnya, rejekinya, bahkan katanya bentuk rupanya juga ditentukan waktu umurnya 120 hari itu. Insya Alla apa yang kami lakukan kemarin jadi berkah buat semuanya… Amin.. Alhamdulillah di kehamilan saya yang pertama ini, kami
banyak banget dapet perhatian dari semuanya.. Mama saya udah bingung pengen bikinan daster hamil buat saya, Bude-nya mas sabil yang kebetulan tinggalnya nggak jauh dari rumah kami jga udah woro-woro untuk bikinin saya baju lebaran, padahal lebaran masih lumayan lama.. Kai’nya kakak di Banjamasin juga udah beliin kakak cd lagu-lagu klasik pre-natal.. Senangnya……….

(bersambung)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s