No More Baby Alia (2): Bobok Mandiri

5 hari setelah melalui masa-masa sulit menyapih Alia, saya mulai berpikir untuk melatih Alia bobok tanpa digendong, melatih Alia untuk bisa menenangkan diri sendiri kalau mau bobok. Kami pikir, percuma aja kalau udah sapih tapi boboknya masih tergantung sama Ibu, minta digendong, tengah malam masih minta gendong juga. Hasil ngobrol sama Bapak Abink, beberapa teman dan berguru dari berbagai sumber, beberapa hal yang kami lakukan untuk latihan Alia bobok tanpa digendong adalah:
1. Memberi perhatian sepenuh hati kepada Alia sepanjang hari dihari pertama latihannya.
2. Menerapkan rutinitas baru sebelum tidur. Rutinitas kami adalah cuci tangan kaki muka, sikat gigi, ganti baju.
3. Masuk kamar, sebelum tidur bisa diawali baca buku atau kalau lagi pengen tidur dengAn lampu redup bisa cerita ngarang aja, atau ngobrol2 santai sama Alia. Saya lebih suka tidur dengan lampu yg sangat redup, tapi nggak tau kenapa setelah disapih Alia lebih suka pake lampu terang..
4. Berdoa bersama dengan suara jelas, nggak lupa bilang terimakasih sama Allah karena sudah dikaruniai seorang anak yang solehah, baik, mandiri, pinter dll. yang baik-baik😉
5. Cium Alia, bilang good night n i love you
6. Bobok… Kalau Alia masih belum bobok, saya tetep pura2 bobok. Biasanya Alia masih ngoceh-ngoceh, cerita sendiri. Kadang dia minta sesuatu, kalau nggak penting saya cuekin aja tapi kalau saya rasa perlu (misal bekas gigitan nyamuk di kakinya gatel dan minta di oles minyak kyu putih) saya bakal turutin dengan setngah merem dan pasang tampang ngantuuuuk banget. Abis itu saya pura2 bobok lagi. Tahan aja 10-15 menit kemudian, pasti Alia udah merem, pules… Kalau udah gitu saya bangun lagi deh.. Ngobrol sama Bapak Abink atau menikmati ‘me time’ di malam hari🙂

Latihan bobok tanpa digendong ini nggak selalu berjalan mulus. Adakalanya Alia sudah ngantuk tapi masih mau main, atau pengen keluar kamar karena masih banyak orang diluar. Solusinya, saya selalu bawa boneka kesayangan Alia, saya tarik perhatiannya dengan cerita pake bonekanya. Atau saya ngomong aja sama bonekanya “Hello kitty anak pinter, sekarang sudah malem waktunya bobok… Kita bobok yuk, sama Kakak Alia. Tuh Kakak Alia pinter, mau bobok sama Hello kitty..”. Biasanya sih dia mau naik ke tempat tidur dan sibuk saama hello kitty nya.
Kalau Alia masih pengen main di luar kamar karena masih denger ada yang ngobrol, solusi yang paling jitu adalah matikan tivi, semua orang diem dan Bapak Abink ikut masuk kamar pura2 bobok juga. Aktivitas menemani Alia bobok ini sekarang jadi aktivitas yang kami tunggu-tunggu. Bukan apa-apa, tapi saya dan Bapak Abink menikmati kegiatan pura-pura bobok sambil ngintip apa aja yang ALia lakukan sebelum bobok. Kalau lagi beruntung, bakal dapat ciuman dari Alia berkali-kali. Sayangnya, saya sering ngga beruntung karena Alia lebih sering memilih bobok deket-deket sama Bapak Abink. Sebelum bobok, Alia biasanya ngajak ngobrol Teddy Bearnya, yang diobrolin macem-macem dari yang jelas bisa didengar bapak ibu sampai yang nggak jelas Alia ‘nggremeng’ apa. Kadang teddy bear ditepuk-tepuk sambil nyanyi nina bobok, nepuk-nepuk bapak abink, cium, peluk bilang ‘gud nite’ berulang kali, sampai ‘mengobok-obok’ muka Bapak sambil bilang ” eyes, ear, mouth dll”. Seringkali kita ngga bisa nahan ketawa ngeliat tingkah nya ALia sebelum bobok. Kalau udah gitu Ibu akan balik badan atau tenggelam dibawah bantal, atau Bapak Abink pura2 batuk untuk nutupi ketawanya hahahhaha😀

Aaahh… Gadis kecilnya Bapak Ibu udah gede sekarang, udah bisa bobok mandiri…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s