Lebaran kali ini

Ketika saya buka akun sosial media saya pagi ini, sebagian besar teman-teman di socmed saling mengucapkan selamat berhari raya, menampilkan foto makanan-makan yang sudah disiapkan untuk menyambut idul fitri, pasang status sudah sampai rumah (mudik) dengan selamat dan bahagia bertemu sanak saudara. Saya? Saya masih puasa mungkin satu atau dua hari lagi, belum tahu. Saya nggak mudik, karena terlalu jauh. Saya nggak bersama keluarga, karena merka stay di Malang sedangkan saya di Lincoln-NZ.  Saya nggak bikin ketupat atau opor ayam, cukup sup sayur yang akan jadi teman sarapan saya di hari pertama lebaran. Mudah-mudahan undangan open house tahun ini ada menu ketupat opor heheheheh😀

Sedih? Pasti, karena ini kali pertama saya lebaran tanpa keluarga dan saudara walaupun ini sudah tahun ke-4 saya lebaran di New Zealand. 4 tahun puasa dan lebaran di negeri orang pasti banyak suka dan dukanya..

Selama 4 tahun ini, hal-hal yang bikin saya senang puasa di New Zealand adalah godaannya lebih sedikit. Ini menurut saya lhoo..

  • Walaupun banyak orang yang nggak puasa, makanan dan minuman dijual di mana-mana tapi nggak tau kenapa godaan untuk ingin makan/ minum rasanya lebih sedikit. Mungkin karena selama ini saya puasa waktu musim dimngin di NZ, jadi nggak panas sama sekali dan siangnya lebih pendek. Tahun ini kami di NZ puasa hanya sekitar 11 jam saja.. Di hari pertama puasa, Subuh sekitar pk 6.32 dan Maghrib sekitar pk 5.03.
  • Godaan belanja untuk hari raya juga nggak seheboh di Indonesia. Waktu masih ada Alia dan Bapak Abink di NZ, belanja lebaran memang jadi agak istimewa karena kami ingin Alia juga merasakan suka-cita lebaran. Jadi kami menghadiahi dia kado-kado dan baju baru. Makanan juga kami buat agak istimewa. Walaupuunnn kalau dibandingkan ketika kami masih di Indonesia belanja lebaran dan makanan yang kami sediakan nggak ada apa-apanya. Tapi tahun ini mungkin jadi lebaran yang paling sederhana buat saya.
  • Banyak orang yang ‘baik’ sama saya.. Nggak cuma teman sesama muslim yang suka tuker-tukeran makanan untuk berbuka, tapi kadang teman-teman ‘Internasional’ saya (terutama temen serumah) juga suka bikin sesuatu atau nawarin kue-kue untuk buka puasa. Walaupun kadang mereka suka heran kok kuat amat saya nggak makan/minum seharian. Padahal kan saya nggak sendirian, jutaan umat muslim juga melakukan hal yang sama untuk mencari rahmat Allah..
  • Lebih bisa konsentrasi Ibadah. Waktu Alia n Bapak Abink di NZ, kita lebih banyak tarawih bersama di rumah karena jam 7 adalah waktu tidur Alia, sedangkan tarawih di Musholla kampus mulai setelahnya. Dan karena waktu itu ada kalanya saya harus kerja malam, jadi kami biasanya tarawih di rumah.Ibadahnya bisa lebih konsentrasi mungkin karena nggak ada godaan dari TV kali yaa? Hehhehe… Kalau tahun ini ALhamdulillah dikasih kesempatan lagi untuk tarawih di Musholla lagi karena nggak ada kerja malam dan nggak ada anak yang perlu dijagain karena udah bobok atau rewel.. Bapak Abink sepertinya masih tetep lebih banyak tarawih sendiri di rumah karena harus jaga Alia di rumah.. Makasiih bapak Abink🙂  inshaaAllah tahun depan kita tarawih ber-3 di masjid yaaa… Aamiin..

Sedihnya puasa jauh dari keluarga, sahur sendiri, buka puasa sendiri, kalo masak (seringnya) dimakan sendiri.. Tapi Allah juga bikin saya punya keluarga baru di sini, yang (hampir) setiap hari kami bisa ketemu untuk tarawih,  tadarus, bertukar ilmu, bertukar makanan, saling mengunjungi, saling berbagi dan menguatkan. Alhamdulillah….. 

Lebaran2011
Selamat Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin…

6 Comments Add yours

  1. rintadita says:

    Dithaaa, lebaran sendirian disana ya huhuhu pengen nemenin seandainya deket. Maaf lahir batin yaaa, selamat idul fitri

    Like

    1. Haii Dittoooo …. Maaf lahir batin juga yaa….🙂

      Like

  2. nyonyasepatu says:

    Happy Eid Mubarak
    Minal Aidin Walfaidzin, maaf lahir batin

    Like

    1. Happy Eid mubarak, maaf lahir batin juga mba🙂

      Like

  3. indira winda says:

    waaahh kereeeennn bisa lebaran sendirian,di negri orang lagiiii…serius gda anak dan suami dit???…

    Like

    1. Pertama kalinya win.. mudah2an tahun depan nggak sendirian lagi…🙂

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s