Kaikoura : Bermain Dengan Para Bayi (dan induk) Anjing Laut

Bulan Agustus sudah hampir habis.. Untuk orang seperti saya yang nggak begitu suka dinginnya winter dan salju pasti dengan riang gembira menyambut datangnya musim semi.

Musim semi di New Zealand officially dimulai tanggal 1 September. Musim semi berarti banyak bunga cantik bermekaran dan temperatur menghangat. Bukan cuma itu, katanya di musim semi para bayi anjing laut (seal pups) berbondong-bondong mencari tempat bermain favorit mereka sebelum mereka siap berenang di laut bebas.

Di New Zealand ada satu tempat yang selalu jadi playground-nya para seal pups. Ohau stream-Kaikoura, berjarak sekitar sekitar 180km dari Christchurch, bisa ditempuh naik mobil dalam 2 jam. Kaikoura biasa didatangi para turis untuk menikmati keindahan alam, lembah dan pantai sambil menyaksikan puluhan seal pups berenang di depan mata. Selama tinggal di New Zealand, saya sudah 3 kali menikmati hangatnya pantai Kaikoura, tapi baru di tahun 2012 kemarin saya berkesempatan untuk melihat langsung fenomena alam yang bikin saya pengen bilang “wow”😀 Subhanallah… Dan memang jalan-jalan ke kaikoura paling enak pas spring gini. Bisa ketemu banyak seal pups dan udaranya nggak panas banget..

Untuk mencapai tempat dimana banyak seal pups berkumpul tidak begitu sulit. Ohau stream fall terletak sekitar 27 km di sebelah utara Kaikoura, bisa ditempuh dalam kira-kira 15 menit dari “pusat kota” Kaikoura. Lokasinya mudah ditemui karena akan ada sign “Ohau Stream”, dan tempat parkir yang cukup luas. Dari situ, kita masih harus jalan sekitar 5 menit untuk menuju Ohau stram fall. Track-nya sangat mudah dilalui, bahkan untuk anak-anak sekalipun. Sepanjang jalan kita bisa melihat anjing laut yang sedang bersantai duduk di bebatuan atau bermain dengan sesamanya. Tapi, jangan coba-coba mengganggu mereka karena bagaimanapun para seal yang cute itu termasuk binatang buas.

Sayangnya, waktu saya berkunjung ke Ohau stream fall, kamera yang dibawa nggak begitu bagus untuk ambil foto di tempat yang kurang cahaya matahari. Jadi, hanya ada beberapa foto yang mungkin tidak mencerminkan keadaan Ohau stream fall yang sebenarnya dan nggak bisa ambil gambar di kolam yang banyak seal pups nya  :) Tapi ini saya nemu video dari news.com.au yang merekam tingkah polah baby seals. Yang saya lihat waktu itu memang persis kayak gitu. Cuteness overload!

523639_3996613907110_68664607_n
Ohau stream

still sleepy

this is also (teenager) seals

Selain melihat seal pups di Ohau stream, di Kaikoura kita bisa melihat induk dari para baby seal tersebut. Di sana ada satu point yang biasa dikunjungi wisatawan untuk bertemu seal secara langsung.

375523_2594475454525_1382870367_n

Yang perlu diperhatikan bila berkunjung ke Seal colony point adalah harus ingat waktu..Untuk bertemu seal di sini kita kadang harus berjalan sampai agak ke tengah. Waktu pertama kali saya berkunjung ke sana, memang hari sudah lewat tengah hari dan kami asyik berjalan di atas batu-batu sampai ke tengah dan nggak sadar kalau air laut ternyata sudah semakin tinggi. Hasilnya kami kesulitan untuk kembali ke pinggir.. Tapi ternyata di sekitar situ juga ada tempat favorit para anjing laut untuk beristirahat di bawah pepohonan. Jadi seharusnya kita sudah bisa ketemu seal tanpa harus jalan sampai ke tengah.

Kalau suka jalan, di Kaikoura juga ada walking track di sepanjang pantai. Sambil berolah raga, kita juga bisa menikmati keindahan pantai dan sudah dipastikan akan bertemu dengan sejumlah seal di sepanjang perjalanan. Sayang, saya belum sempat mencoba walking track di sana karena panas nya cuaca pantai dan bawa anak kecil *alasan..🙂

Di Kaikoura kita juga bisa menikmati pantainya, bermain air dan bermain pasir. Tapi jujur saja untuk orang yang nggak begitu suka pantai, Kaikoura beach kurang menarik buat saya.

381352_2594466454300_97717243_n

Sebagai kota pantai, Kaikoura juga terkenal dengan sea food nya, terutama crayfish nya. Di kali ke dua saya ke sana, saya merengek-rengek sama Bapak Abink untuk beli lobster/crayfis. Memang banyak seafood atau fish n chips stall di sana, tapi setelah liat harga crayfishnya, saya cuma mampu beli yang paling kecil. Itupun harganya maahaall $25 seekor😦 mahal nggak sih?

Waktu saya pergi ke Kaikoura bareng temen2, udah bertekad nggak akan beli crayfish, tapi harus nyobain fish n chips nya.. Dan lagi-lagi harganya lebih mahal daripada yang biasa saya beli. Mungkin karena Kaikoura kota Turis juga yaa… Tapi, ikannya memang terasa segar…

Selain menikmati pantai, kita juga bisa pergi ke Kaikoura lookout point untuk melihat kaikoura dari atas. Kaikoura lookuot point ini bisa ditempuh 10 menit dari pusat kota Kaikoura. Di sana kita bisa melihat dua sisi kaikoura, yaitu pantai yang membiru dan perbukitan yang menghijau.

Alia with Tante Linda
Alia with Tante Linda

304316_3996638627728_2121154526_n

Di Kaikoura kita juga bisa whale watching juga, naik cruise.. Harga untuk cruise nya kira-kira $100, selama 2.5 jam dan dijamin ketemu whale (katanya) saya belum pernah nyobain sih…

Overall, Kaikoura bisa dibilang tempat yang menyenangkan untuk berlibur. Nggak terlalu jauh dari Christchurch, jadi kalau cuma mau ketemu seal, main di pantai, dan makan fish n chips kita bisa pergi kesana tanpa harus bermalam.

Skornya? hhmm… saya kasih 7 out of 10 deh..🙂

7 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    Pemandangannya cantikkkkkkkkkkkkkkkkk bgt

    Like

    1. Iya mbak.. sayang kamera nya nggak oke dan ngga banyak ambil foto..🙂

      Like

  2. rintadita says:

    jadi pengen Fish and Chips nih Dithaaaaaa😀

    Like

    1. Waah jangan2 makan siang nya dito fish n chips nih hari ini… Tapi mahal ya Fish n Chips di Indonesia yang di mall-mall ituu….😦

      Like

  3. wah, bisa “sasaran” berikutnya nih mbk, thank you infonya ya🙂

    Like

    1. Sama-sama Nia.. Selamat jalan2 ke Kaikoura yaa…

      Like

  4. zie says:

    Waaaaaduuuuh…..seronok sekali membaca semua entry ke nz, terasa diri turut mengembara bersama! Senang amat !!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s