Sultana Mania

pic taken from http://gardenofeaden.blogspot.co.nz/
pic taken from http://gardenofeaden.blogspot.co.nz/

Pada tau sultana kann? Kalo di Indonesia kita sebutnya kismis. Dulu, saya nggak suka banget sama kismis. Kalau makan roti yang ada kismisnya pasti kismisnya nggak dimakan. Bahkan kadang saya pilih nggak makan roti nya juga. Nggak suka. Rasanya aneh di lidah saya waktu itu.

Sejak kita ikut bapak Abink sekolah di NZ dan ALia sekolah di playcentre, kismis jadi snack sehari-hari Alia. Karena di sini kismis hampir selalu ada di setiap lunch box anak-anak. Alia juga hampir setiap hari bawa kismis ke sekolah untuk snack. Saya sebagai ibu yang baik tentunya juga bertugas memastikan bahwa nggak ada makanan terbuang sepulang sekolah. Kalo ada raisin sisa, ya tentu masuk ke perut ibu nya dong ya.. hahahha😀 Sejak saat itu saya mulai bisa makan raisin. Lama kelamaan saya mulai coba-coba segala bentuk kue yang ada kismis nya.

Saya nggak ngerti banyak soal kismis, jadi saya cuma aware kalo ada 2 macam kismis. Kalo di bahasa inggris disebut sultana dan raisin. Kalo raisin warnanya lebih hitam, lebih kering dan menurut saya lebih asem rasanya. Kalo sultana (biasa disebut golden raisin juga) warnanya lebih cerah, lebih juicy dan lebih manis. Jadi saya lebih nge-fans sama sultana dibanding raisin. Walaupun sama-sama dari anggur, tapi sultana dan kismis berasal dari jenis yang berbeda dan cara mengeringkannya juga berbeda.  Kalo ngomong kandungan gizinya, sultana da raisin sama-sama mengandung vitamin B, C dan K dan pastinya bakal jadi camilan sehat untuk anak-anak karena walaupun manis, mereka mengandung gula alami. Ngomongin kismis aya jadi inget kk Alia.. Mau kismis nggak kak??

Karena udah lumayan lama juga nggak makan sultana, saya yang biasanya kalo jajan scone milih yang cheese, kemarin karena ngeliat ada sultana scone langsung saya berubah haluan. Sultana scone ditemani secangkir (besar) earl grey milk tea buat sarapan itu perfecto banget!

Malemnya, pulang ofis niat mau bikin bakso ayam. Pas lagi nyiapin bahan, inget kalo masih punya 3 buah pisang yang udah mateng banget. Jadilah malem itu bikin banana muffin juga. Dan pastinya pake ditambah sultana banyak-banyak.. Mudah2an banana and sultana muffin nya juga bisa bikin pagi ini se-perfect pagi kemarin ya :)

7 Comments Add yours

  1. Tituk says:

    Di sini ada biskuit sultana dan sultananya itu pipih lebar.. sama sekali gak mirip kismis yg kecil2.. jd gak nyangka ternyata sama2 dari anggur juga ya? Baru tau…

    Like

    1. Enak nggak mb biskuit nya? Sepertinya emang si sultana ini bentuknya lebih gedean dr kismis (raisin) mb.. Cobain bikin roti pake sultana deh.. enak looh🙂

      Like

      1. Tituk says:

        Biskuitnya enaaak. .. jadi diantara renyahnya biskuit ada sultana yg lengket2 legit. Biskuit jadul (kemasannya) dan udah agak susah dicari di supermarket. Kalau orang Bandung lama pasti tau biskuit legendaris ini.. riau biscuit sultana.

        Like

  2. eda says:

    aku agak2 ga doyan kismis mba… tapi kalo yg kismis arab yg warnanya kuning2 itu, entah kenapa kok suka😀

    Like

    1. Tadinya aku juga nggak suka banget mbak.. tapi pas nyobain roti pake sultana ini kok enak ternyata.. Kalo kismis arab yg kuning itu memang manis kan yaa🙂

      Like

  3. nyonyasepatu says:

    aku suka banget kismis ini dan karena ngeliat fotonya pas puasa sekarang, jadiiii ngiler

    Like

  4. bebe' says:

    Aku juga ga suka kismis. Pasti dibuang2in.. Hahaha..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s