Napak Tilas New Zealand 2014: Lake Tekapo & Queenstown

Bisa dibilang lake Tekapo adalah tempat wisata yang paling sering kami kunjungi selama tinggal di NZ. Selama 3.5 tahun di New Zealand, kami sudah 4 kali ke sana di 3 musim yang berbeda (winter, spring dan autumn). Pas Alia dan bapak Abink ke NZ kemaren, kami merencanakan untuk liburan ke luar kota Christchurch untuk 2-3 hari waktu weekend. Sebenernya bapak Abink pengen ke North Island ke Rotorua & Matamata atau ke Wellington. Tapi karena saya cari tiketnya agak mepet, jadi harga tiket pesawat udah mahal aja.. Jadi kita cari alternative liburan yang sesuai budget. Setelah mempertimbangkan waktu, tenaga dan ketebalan dompet, akhirnya diputuskan ke Queenstown (lewat lake Tekapo) dan Invercargill aja.

Liburan kali ini kami sewa mobil dari Christchurch ke Queenstown trus pulangnya naik bis. ALesannya sih biar ngirit (secara tiket pesawat kok ya pas mahal bener) dan sekalian biar bisa brenti-brenti di jalan untuk nostalgia dan poto-poto. Jadi, monggo dinikmati foto-foto amatirnya….

Perjalanan dari Christchurch Lincoln ke Lake Tekapo perlu waktu sekitar 3 jam. Karena kami berangkat pagi dan bapak Abink nggak sempat ngopi, jadi kami berhenti dulu untuk beli kopi di salah satu cafe di daerah Dunsandel. Take away aja….

dunsandel cafe
Dunsandel cafe

Sekitar satu setengah jam dari Dunsandel, kami berhenti lagi di Geraldine. Salah satu kota kecil yang cantik, dan setiap jalan ke Tekapo kami selalu mampir ke kota ini untuk istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke Tekapo.

geraldine
Geraldine Museum

Lake Tekapo. Karena ini kelima kalinya kami ke Lake Tekapo, jadi kami sepakat untuk nggak berlama-lama di sini. Di Lake tekapo, kami cuma berhenti sebentar untuk foto-foto di depan danau, di depan patung anjing dan di depan gereja kecil yang banyak dicetak di kartu pos itu..  Sayang kami fotonya cuma pakai kamera HP jadi hasilnya nggak begitu bagus. Padahal bapak Abink bawa “kamera beneran” lohh.. tapi nggak tau kenapa selama liburan kami nggak pake kameranya jadinya hasil fotonya nggak maksimal (halahh, padahal belum tentu bagus juga kalo pake kamera beneran :D hahaha..) Oiya, cerita tentang lake Tekapo juga sudah pernah di posting di sini , di sini dan di sini yaa..

tekapo5
Bapak Abink n Kk ALia (yang banyak gaya) di depan Lake Tekapo
tekapo8
Lake Tekapo
tekapo4
Lake Tekapo dan Church of The Good Shepherd – foto ini diambil bapak Abink sekitar summer 2 tahun lalu- kemarin nggak dapet foto yg bagus di tekapo😦

Biasanya, kalo udah sampe Tekapo, kami selalu menyempatkan untuk naik ke Mt John untuk liat Lake Tekapo dari atas gunung. Tapi kali ini kami memutuskan nggak naik ke Mt John karena ngejar sholat Ashar di Queenstown. Tapi, kita berhenti makan siang dulu di lake Pukaki sekitar 1 jam dari lake Tekapo. Makan siang kami hari itu smoked salmon sandwiches pake sambel ABC🙂 yumm…

Sampe Queenstown udah sore, dan agak gerimis. Jadilah sore itu kami cuma keluar cari makan malam sebentar di tengah kota terus balik ke Hotel untuk istirahat.

Queenstown

Ini keempat kali nya kami ke Queenstown, tapi kami masih tetap excited karena kami mencoba ‘atraksi’ yang berbeda. Liburan ke Queenstown kali ini, selain jalan-jalan di sekitar ‘queenstown mall’, kami pengen coba cruising di lake Wakatipu. Berbekal tiket diskonan, kami mengarungi lake Wakatipu selama 1.5 jam. Sayangnya, hari itu hujan deras, jadi indahnya lake Wakatipu nggak keliatan maksimal.

Lake Wakatipu
wakatipu1
Cruising Lake Wakatipu
queenstown4
Quuenstown Mall in the morning
Camera 360
Hotel tempat kami menginap, persis di depan Lake Wakatipu

Selain cruising di lake Wakatipu dan jalan-jalan di sekitar kota, kami juga sempat coba masuk ke minus5 icebar. Walaupun namanya minus5, tapi di dalem ruangannya jauuuuhhh lebih dingin dari minus 5. Makanya mereka juga menyediakan jaket, sarung tangan bahkan topi juga kalu mau pake topi. Tiket masuk yang saya beli sudah termasuk complimentary drink. Kebetulan saya beli family pass (lagi diskon banyak banget) dapet 2 cocktail dan 2 mocktail. Karena kami nggak minum alkohol sama sekali jadi kami bertiga pesen mocktail semua. Di sini, semuanya terbuat dari es. Mulai dari kursi, hiasan-hiasan sampai gelasnyapun terbuat dari es. Yang paling seneng di icebar ini tentu aja Alia.. Dari sehari sebelumnya, dia udah nggak sabar pengen liat gelas es dan pengen jilat-jilat gelas esnya, pengen duduk di kursi es juga katanya.. Overall, pengalaman di ice bar ini lumayan lah, tapi kalau ditanya mau ke sana lagi atau enggak, mungkin saya akan bilang enggak🙂 Harga tiketnya (kalo nggak diskon) menurut saya agak overpriced juga. Tiket masuknya aja dihargai $20 atau $25 untuk entry + mocktail atau $30 untuk entry + cocktail. Mahal kaan… Tapi kadang di website diskonan kayak grabone atau bookme suka ada diskonan kok.

Kami cuma bertahan sekitar 15-20 menit aja di dalam icebar, karena kedinginan… Malam itu, kami memutuskan untuk makan malam dipinggir Lake Wakatipu aja, sekaligus menikmati malam terakhir di Queenstown.

queenstown1
Lake Wakatipu
Pavlova for desert
Big Pavlova. Yuummm….
Lagi di gunung tapi makannya seafood :)
Lagi di gunung tapi makannya seafood🙂

Walaupun udah kenyang, saya nggak bisa tahan untuk nggak mampir jajan hot cookies-nya Cookie Time. White chocolate and macadamia cookies-nya yummyyy…… Setelah bungkus beberapa hot cookies, kami langsung balik ke hotel karena Alia udah rewel pengen istirahat dan udara malam itu dingiiiinnn banget. Lagipula, besok pagi kami harus melanjutkan perjalanan napak tilas New Zealand 2014 ini😀

24 Comments Add yours

1. nyonyasepatu says:

aku pengen bagnet ke NZ loh🙂

1. Ayo mbak, segera direalisasikan🙂

2. rianamaku says:

Ya ampun liat danaunya kaya mau berenang aja di sana I like Tekapo oh iya di sana ada ABC juga hahahha…
    Btw penasaran itu rumah di dekat Tekapo, rumah buat apa ya…?

Cantik banget aku suka bikin mupeng nanda…

1. Kalo pas summer emang suka ada yang berenang, RIa… Ada kok sambel ABC di sini.

Itu gereja Ria.. buakn rumah hehehe ..

3. kebomandi says:

udaranya bersih banget :3
    pengen banget kesana😀

1. iya, udaranya emang bersih banget di sini, Bo (manggilnya apanih? Kebo?)😀

1. kebomandi says:

Doakan bisa kesana ya mbak hehe. Iyaaa, panggil aja kebo🙂 jarang kan ada kebo manis.. Hehe

4. Clarissa Mey says:

pengen deh main ke NZ, banyak tempat2 cakep yaah🙂

1. Banyak tempat keren Mey di sini… Tapi di indo juga banyak tempat keren sih ya.. Malah aku belum menjelajah Indonesia..

1. Clarissa Mey says:

aku sendiri belum byk menjelajah indo mba, waktunya bener2 terbatas hehe

5. rintadita says:

ya Allah kapan nih ya bisa ke NZ😥
    kemaren liat tiket kok ya mahal2 bangeeeet

1. Ayooo ditoo.. udah berangkat aja summer ini..

6. Ah beneran mau ngerayu M suamiku biar pindah ke NZ😝😝😝

1. Mudah2an rayuannya berhasil ya mbak Emy…🙂

7. cerita4musim says:

gawat postingan NZ ini🙂

1. hehehehe.. bikin tambah pengen main ke NZ ya mbak.. Cerita keliling dunia nya mb Fe juga bikin mupeng pake banget!

8. theadrieans says:

aaah, keren bangeeet ya NZ, walow pake kamera HP, tetep aja bagus hasilnya, emang udaranya bersih juga ya di sana, asiknyaaaa

1. Thankyou ibunya Bhima.. Udaranya bersih mbak, cuma kalo di sini kadang suka bau sapi hehehehe….😀

9. Jadi pengen banget ke NZ. Ada sodara yang tinggal disana sih. Lagi ngumpulin recehan buat bolak balik sono

1. Halo mb Ika.. Mudah2an recehannya cepat menggunung utuk bolak balik NZ yaaa🙂

10. Dewi says:

Waduh seru yah ceritanya kel.Hussein.
    Sy minta advice donk, berhubung Desember ini rencana mau jalan ke NZ. Misal sy ada rencana pakai campervan yg besar (capacity 6 person). Perjalanan dr Queenstown ke Lake Tekapu, lalu lanjut sampai Christchurch apakah liku2 atau lebih banyak jalan datar?

Maklum, bawa anak2, takut juga bawa mbl besar begitu dan pertama kali pula, jd sy masih takut2 utk memilih pakai campervan (walaupun anak2 sdh ga sabar mau coba).
    Mohon infoya dr Kel.Hussein. Thank you.

1. Waaah asik tuh mb Dewi, jalan keliling NZ pake campervan. Kalau dari Queenstown-Tekapo-Chc jalanannya menurutku nggak begitu susah kok.. Ada beberapa spot yang liku-liku tapi nggak ada yang mendaki curam atau sempit banget. Spertinya nyetir di sini lebih mudah daripada nyetir di Indonesia mbak🙂

Selamat jalan2 dan menikmati summer di NZ mb Dewi & keluarga…..

11. ipoel says:

Saya mau ke christchurch tgl 18 november 2014. Setelah itu ke queenstown tris milfoud sound lalu balik lg ke christchurch..dan terakhir ke wellington utk back jakarta. Tolong rekomendasi nya utk tmpt tmpt yg kira kira harus saya datangi dsana.
    Trims

1. Wah, maaf pak Ipoel saya baru bales commentnya.. Udah nyampe NZ dong ya sekarang.. Kalo di Christchurch saya recommend naik gondola, ke Canterbury museum (museum di Canterbury free admission, sedangkan biasanya di kota lain e.g Auckland, Rotorua harus bayar), trus ada beberapa pantai yang bias didatengi juga (new brighton, scarborough, taylor mistake, sumner), park yang bagus ada Victoria park (jalan sedikit ke atas untk liat chc dari atas). Kalau ada waktu ebih ama, bias jalan ke Akaroa (sekitar 1,5-2 jam dr chc) cantik banget pemandangannya..🙂 di sekitar chc ada beberapa lake tapi agak jauh pak.. Kalau dari chc ke queenstown naik mobil, bias singgah di lake tekapo (kalau sempat naik ke mt John untuk lihat pemandangan) dan lake pukaki.

Mudah2an membantu ya pak.. Enjoy New Zealand!