‘Cacing Berpendar’ di Gua Waitomo

Setelah puas menikmati Rotorua, pagi berikutnya kami siap untuk menjelajah Waitomo. Berbekal tiket murah dari Naked bus, kami berangkat ke Waitomo dengan hati senang🙂

Naked bus yang kami tumpangi hanya mengantar sampai di Waitomo Village, dan kami harus jalan sedikit ke Waitomo Caves visitor centre (sekitar 500m dari Waitomo Village).

20140911_141216Ada 3 gua yang ditawarkan di Waitomo. Waitomo cave, Aranui cave dan Ruakuri cave. Selain liat gloworms dan menjelajah Aranui & Ruakiri caves, di Waitomo kita juga bisa melakukan panjat dinding di gua dalam tanah(dry underground caving) dan ‘cave tubing’. Tapi saya sama sekali nggak tertarik sama underground caving. Kalau cave tubingnya masih sempet kepengen nyobain, tapi setelah tau harus loncat dari  atas tebing gua yg gelap, nyali langsung ciut. Nggak jadi ahh.. takuutt.. Udahlah, jalan-jalan di dalem gua aja🙂

Saya sebenernya pengen masuk ke tiga gua itu, tapi nggak siap ngeluarin diut nya heheeh.. kalau masuk ke 3 gua itu harus siap bayar $90. Akhirnya, karena tujuan kami ke Waitomo adalah untuk liat ‘glow worms’ di Waitomo cave, maka diputuskan untuk beli tiket combo Glow worm cave + Aranui cave, waktu itu seharga $65.

Camera 360

Tour pertama adalah masuk ke Glow worm cave, yang lokasinya di sekitar visitor centre. cuma perlu jalan sekitar 100-200 meter udah sampai ke dalam guanya.

Jalan menuju Glow worm cave
Jalan menuju Glow worm cave

Masuk ke dalam gua sepintas kelihatan seperti gua biasa, ditambah efek lampu-lampu terkesan sedikit dramatis. Semakin masuk ke dalam gua, mulai terlihat pendar-pendar cahaya, walaupun nggak begitu banyak dan nggak begitu jelas. Pendar cahaya itu ternyata adalah larva dari salah satu species serangga. Jadi sebetulnya mereka itu bukan cacing! Tapi mungkin karena bentuknya menggantung di langit-langit gua (sepanjang 3-4 cm) menyerupai cacing, jadi disebutnya glow worms. Dan waktu itu kita bisa lihat dari dekat.

u895
Larva-larva ini yg disebut glow worms. Foto dari CD souvenir pack yg dibeli di Waitomo

Semakin ke dalam, lighting di dalam gua semakin berkurang. Dan sampailah kami di Gloworms Grotto. Untuk mengarungi grotto ini kami harus naik sampan. Di Gloworms grotto ini sudah nggak ada lagi cahaya lampu dan cahaya matahari dan dilarang memotret. Selama di atas sampan, pendar-pendar gloworms nya terlihat jelasss sekalii.. Indaaah banget.. Kurang lebih memang kayak di foto dibawah ini. Cantik banget kayak liat bintang-bintang di langit, tapi lebih dekat, dan wananya hijau kebiruan.

u859
Gloworms grotto. Foto didapat dari beli CD souvenir pack🙂

Setelah keluar dari gloworms cave, kami harus menunggu sekitar 1,5 jam untuk bisa ikut tour ke Aranui cave. Aranui cave ini jaraknya cukup jauh, sekitar 5-10 menit naik mobil dari visitor centre. Waktu booking tiketnya, kami sudah bilang kalau kami nggak bawa mobil dan butuh tumpangan. Akhirnya, kami dikasih tumpangan sama tour guidenya, yang asli orang Maori.

Aranui cave nya sih biasa aja menurut saya🙂 Mungkin mirip-mirip kayak gua-gua di Indonesia. Aranui cave dilengkapi dengan lampu-lampu, dan track nya udah dibikin rata, kalaupun ada yang menanjak udah dibikin anak tangga juga untuk memudahkan.  Menurut si mas Tour guide, Aranui cave ini ditemukan oleh orang Maori bersama anjingnya yang lagi ngejar-ngejar babi.Tiba-tiba aja babi yang mereka kejar menghilang, dan ternyata  babi itu masuk ke dalam gua Aranui  yang gelap banget ini. Waktu di dalem Aranui cave, tour guide nya sempat sengaja matiin lampu nya, dan ternyata bener2 item, gelap banget nggak ada cahaya di dalam Aranui Cave.

20140911_134934
Aranui Cave

Di Aranui cave ada beberapa lokasi yang berpagar kawat, kata mas tour guidenya sih karena sebelumnya ada tangan-tangan jahil yang sengaja motong stalaktit dan stalakmit untuk dibawa pulang😦

20140911_134719

Setelah selesai keliling di Aranui cave, kami (masih numpang sama si mas tour guide), kembali ke visitor centre. Karena kami masih punya waktu cukup lama sebelum bis kami datang menjemput, jadilah kami mengeksplore visitor centre dulu, sambil menikmati dua scope ice cream di cafe🙂

20140911_141819
Boysenberry and lime swirl ice cream ini yummy banget
20140911_153956
Cafe
20140911_153521
Tulis pesan di kayu, terus cemplungin ke baskom isi air.

Puas makan es krim sambil istirahat, kami jalan-jalan ke sekitar visitor centre, dan sekalian jalan ke Waitomo village. Waitomo Village ini memang cuma desa kecil, tapi yang bikin menarik adalah pernak-pernik dan ukiran-ukiran khas Maori. Sambil menunggu bis kami datang, kami numpang istirahat di depan satu cafe kecil di sana. Rasanya, melihat langsung penda-pendar gloworms adalah highlight perjalanan Auckland-Rotorua-Waitomo kami kali ini.

20140911_162914
Pohon jeruk di halaman cafe tempat kita nunggu bis
20140911_175124
i-Site Waitomo Village

10 Comments Add yours

  1. nyonyasepatu says:

    tempatnya bagus🙂

    Like

  2. Seru banget kayaknya…

    Like

  3. FibeCanada says:

    Mbak, aku suka sekali ke gua Waitomo itu. Tadinya takut sekali karena gelap dan ngak bisa dengar apa apa waktu mau lihat glow worms-nya. Tapi setelah mata sudah bisa beradaptasi dan bisa lihat kelap kelip hijaunya, terharu saking cantiknya. Thanks for sharing, jadi kepingin balik lagi 😊😍

    Like

    1. Mudah2an bisa balik ke Waitomo ya mbak….

      Like

  4. keren baget :O itu cacing bisa dijadiin senter kali ya kalau dikumpulin😀

    Like

    1. iya kereen… wah kasian cacingnya kalo dijadiin senter🙂

      Like

  5. shintadaniel says:

    Pertama kali liat glow worms tahun 1988 pas libur SMP.. keceeeh bangetnget!! pengeeen bgt jalan2 ke NZ lagi.. cantik bgt alamnya..

    Like

    1. Ya ampun mbak, tahun 88 udah ke NZ? pasti masih sepii banget ya NZ waktu itu….

      Like

      1. shintadaniel says:

        Rame kok, isinya kelinci sama domba😀

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s