Berburu Sekolah (2)

Sekolah hari pertama Alia.jpg

Setelah cerita sekilas tentang berburu TK dan daycare buat Alia sepulang dari NZ di postingan yang ini, kali ini mua cerita sedikit tentang berburu  sekolah dasar untuk Alia, sekalian menjawab beberapa email yang masuk tanya tentang sekolah dasar di Malang.

Karena sudah lewat setahun, dan saya nggak nyimpen brosur-brosur sekolah yg kami survey, jadi cerita berburu sekolah ini bakal singkat aja, mengingat ingatan saya yang lumayan ‘pendek’. Mudah-mudahan bisa ngasih sedikit gambaran tentang beberapa SD di malang.

Sebenernya jauh-jauh hari kami udah mulai cari tau tentang SD di Malang, tapi ya cuma sepintas lalu aja. Tapi kami sudah punya beberapa gambaran kriteria sekolah yang kami mau.

1. SD MIN Malang  di Jl. Bandung. Ini salah satu SD favorit di Malang. Selain belajar pelajaran umum, pelajaran agama islam nya banyak, termasuk pelajaran bahasa arab dll. Setahun bisa terima 3-4 kelas, tapi seleksinya emang ketat karena peminatnya banyak. Pendaftaran dibuka Sekitar bulan Maret-April. Kalau nggak salah tes di sekolah ini cuma psikotes dan wawancara aja.

2. SD Islam Sabilillah di kawasan Masjid Sabillilah, depan pasar Blimbing. Ini juga banyak tambahan agama Islamnya. Anak-anak sekolah sampai jam 3 (pulang setelah sholat ashar)  dan nggak ada PR lagi di rumah. Persaingan masuk lumayan ketat, karena banyaknya peminat. Untuk bisa  sekolah di SD ini, ada tes mengaji juga. Nilai plusnya, anak-anak juga diajari menghapal Qur’an. Pendaftaran SD Sabilillah ini biasanya sudah dibuka di bulan Maret.

3. SD Unggulan Permata Jingga. Ini SD Swasta Nasional masih baru di sekitar Sawojajar. Sekolah ini adalah sekolah inklusi yang juga menerima murid berkebutuhan khusus jadi anak-anak  bisa belajar berempati. Plus nya sekolah ini nggak pakai TES MASUK, dan metode pendidikannya menyenangkan jadi nggak bikin anak jenuh. Untuk yang beragama Islam, ada sholat Dhuha di sekolah setiap pagi.

4. SD Anak Soleh di Jl. Arumba. Hampir sama seperti SD Islam lainnya. Tapi karena masih relatif baru, seleksi masuknya nggak begitu ketat. Menerima 2 kelas setiap tahun. Nilai plusnya, selain sekolah berbasis agama, SD Anak Saleh ini punya halaman yang luas. Tapi, kurangnya, jalan masuk ke Jl. Arumba masih sempit dan kebayang macetnya dan ramenya kalau pagi pas nganter sekolah. Sebagai supir kurang pengalaman, saya keder deh kalau harus lewat situ tiap pagi🙂

5. SD PJ Global School di Permata Jingga, di perumahan Permata Jingga. Tes nya nggak ketat, setahun terima 2 kelas, tapi tiap kelas cuma dibatasi 20 orang. Pakai 2 kurikulum, nasional dan kurikulum dari Singapore. Bahasa pengantar bahasa Inggris. Setiap pagi, untuk yg muslim sholat dhuha, yang beragama lain beribadah sesuai agamanya di tempat terpisah. Sekolah ini juga baru buka cabang baru di Jl. Raya Langsep.

6. SDN Kauman (sebelah hotel pelangi). Ini SD negeri favorit di Malang. Terkenal input dan output nya bagus, tapi memang sekolahnya jadi lebih berat ada PR, dll.

Sebenernya untuk yang mau cari sekolah Islam, masih ada lagi sekolah-sekolah Islam lain, seperti SD Insan Amanah di Griyashanta, SD Moh. Hatta di Jl. Simpang Flamboyan atau SDIT Insan Permata di sekitar Sengkaling. Untuk yang mau cari sekolah nasional berwawasan Internasional (berbahasa Inggris) ada SD Lab UM di kawasan Univ Negeri Malang, atau sekolah Gracia di Jl Bunga Lely.

Lagi-lagi saya nggak bisa kasih masukan spesifik sekolah mana yang terbaik di Malang. Kan kebutuhan dan prioritas tiap anak & orang tua berbeda-beda.

Alhamdulillah kami sudah nemu sekolah yang paling mendekati kriteria kami (dengan segala plus minus nya), dan sejauh ini Alia happy sekolah disitu..  Tahun ini ALia bakal naik ke kelas 2, trus nggak lama lagi kami harus mulai hunting SMP buat Alia. Hhhmmm atau mungkin hunting TK/Playgroup dulu deh, buat adeknya Alia🙂

13 Comments Add yours

  1. NinaFajriah says:

    Biaya disana untuk SDIT berapa ya Mbak? di Palembang SDIT terkenal mahal (dengan uang pangkal 20 juta dan bulanan 800 ribu) cuma di Palembang saja atau di Malang juga segitu?🙂

    Like

    1. SDIT Insan Permata Malang setahu saya nggak semahal itu mbak… Setengahnya udah dapet🙂 hehhee..

      Like

      1. NinaFajriah says:

        Hahahha iya mbak, saya jadi bingung mau menyekolahkan anak di sdit karena mahal bgt kalau di Palembang🙂 ternyata di daerah Jawa ga semahal itu ya hehe

        Like

      2. Sebenernya tergantung jawa sebelah mana mbak heheh🙂 kalau di Malang masih lumayan murah sih mbak, walaupun ada juga 1-2 sekolah International yang bayarnya pake dollar mahal bangett….
        Mudah2an anaknya dapet sekolah yg terbaik ya mbak..

        Like

      3. NinaFajriah says:

        Aamiin. Terima kasih infonya Hussein fams🙂

        Like

  2. Dita says:

    horeeee ada SD akuuuu! *halahh*

    Like

    1. SDmu nge-top Dito🙂

      Like

  3. aku cuma familiar dengan nama SDN Kauman, seperti pernah denger.
    Have fun ya Alia di sekolah barunya😉

    Like

    1. SD Kauman memang udah lama ada, dan salah satu SD Negeri favorit di Malang..
      Thanks mba🙂

      Like

  4. Nia Wasif says:

    Info sd di surabaya donk mbaa hehehe.. Bener2 blank nih, nyari sd yg pas buat Aya ntar.. soalnya aku ga begitu tau surabaya huhu.. Sekolah yg ga bikin anaknya stress, pake bhs inggris dan biaya terjangkau. Btw, global school ga ada ya di sby mb? *ngarep*😀😀

    Like

    1. Di Sby seharusnya jauh lebih banyak pilihan ya Nia.. Tapi aku pun buta Surabaya😀 Udah, Aya sekolah di Malang ajaaa bareng Alia heheheh…

      Like

  5. Yusni says:

    Hai mba salam kenal….sy seneng review ttg sd nya, sy th ini jg pusing nyari sd di nalang, dan dengan segala kritwria dan pertimbangan, kami akhirnya milih sd ibsan amanah, anak mbak di sd mana akhirnya?

    Like

    1. Hai mba, salam kenal balik 🙂 thanks udah mampir baca.. Selamat bersekolah buat anak mb Yusni.. Semoga happy di sekolah baru, jadi anak yg soleh/solehah dan senang belajar yaa..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s